Translator

MEGAPLANNING Untuk Kemajuan Kota Nagara

on 19/06/09

Nagara adalah kota dimana terdapat banyak lahan rawa basah yang masih kurang dikembangkan oleh masyarakat sekitar maupun pemerintahnya. Rawa ini sangat luas dengan banyak terdapat vegetasi di dalamnya. Potensi-potensi alam yang dapat dimanfaatkan dari lahan basah ini pun sangat banyak. Potensi-potensi alam dari Rawa Bangkau ini belum secara maksimal dikelola dan dimanfaatkan sehingga mengakibatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke sana pun rendah.

Itulah kenapa sebuah kota Nagara perlu sebuah peningkatan.... perlu sebuah brands... perlu sebuah nama sebagai cir khas kotanya.... yang bisa membangkitkan kota Nagara agar dikenal nusantara maupun dunia internasional. Banyak aset-aset kota Nagara yang perlu dikembangkan agar meningkatkan mutu kota nagara itu sendiri.


Beberapa rencana besar.... beberapa MEGAPLANNING.... yang dapat dipaparkan disini , yang sebenarnya masih banyak rencana besar yang lain yang masih bisa membuat kota Negara berkembang adalah.

1. Pemanfaatan Kotoran Kerbau Rawa dan Eceng Gondok

Kotoran kerbau banyak sekali membawa manfaat, khususnya bagi pertanian. Kotoran kerbau ini dapat dijadikan berbagai macam keperluan seperti pupuk kompos atau sekarang yang lagi terkenal adalah biogas, masih banyak yang dapat dimanfaatkan dari sisa-sisa kotoran kerbau rawa ini. Akan tetapi jika hanya memanfaatkan kotoran kerbau rawa sebagai produk utama dari kota nagara, tidak akan membuat kota ini terkenal. Maka dari itu masih ada produk yang bisa membuat kota ini terkenal yaitu ECENG GONDOK dibandingkan dengan kotoran kerbau, eceng gondok dapat dijadikan berbagai macam kerajinan tangan dan mungkin sebagai bahan kosmetik. Jika produk kerajinan tangan ini sampai menembus pasar dunia, maka tidak diragukan lagi, kota nagara akan menjadi dikenal oleh dunia, dan bakal mendapat ciri khas kotanya.

2. Lahan Kosong

Lahan kosong ini berkaitan dengan planning pertama. Karena kota nagara banyak memiliki lahan kosong yang belum dimanfaatkan, oleh karena itu jika kota nagara sudah mulai dikenal, maka para investor-investor akan memikirkan cara bagaimana supaya kota nagara ini lebih maju. Yaitu dengan memanfaatkan lahan-lahan yang kosong yang ada disekitar rawa-rawa tersebut untuk dijadikan berbagai macam prasarana....



3. Sarana Rekreasi

Kurangnya sarana rekreasi membuat warga banyak yg mengeluh, karena jika mereka ingin melepas stress setelah bekerja, mereka harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dan memakan banyak biaya untuk sampai disana. Itulah peran planning kedua tadi... yaitu salah satunya dengan membuat tempat rekreasi di kota nagara, sehingga bukan orang dalam saja yang bisa menikmati hiburan yang ada disana, akan tetapi orang-orang dari luar bahkan turis dari mancanegara pun pasti akan berdatangan.






4. Meminimalisir Pengangguran

Jika ketiga planning diatas berjalan dengan lancar, maka dapat dipastikan masyarakat sekitar pasti akan memperoleh pekerjaan yang layak dengan mengelola berbagai prasarana maupun membuat kerajinan tangan untuk turis-turis yang datang kesana. Terbukanya lapangan pekerjaan baru dapat mengurangi masalah pengangguran dan dapat digunakan sebagai sumber penghasilan baru bagi masyarakat sekitar.


MEGAPLANNING ini jika dilakukan oleh semua instansi-instansi terkait serta dibantu oleh mahasiswa ILMU KOMPUTER FAKULTAS MIPA dengan ilmu komputasinya khususnya yang berhubungan dengan internet sebagai jembatan bagi kota Nagara dengan dunia luar sehingga mempercepat pengenalan kota nagara terhadap dunia. Maka dalam beberapa tahun kedepan kota nagara akan menjadi kota yang ramai dan menjadi sebuah kota yang maju, akan tetapi kelestarian lingkungan serta tata kotanya pun harus dijaga dengan sangat hati-hati agar lahan basah yang ada di kota tersebut tidak hilang disapu oleh perkembangan kotanya.


0 komentar: